Friday, May 22, 2009

A.M.A.S Farm


Alhamdulillah, kandang yang dibuat sejak tanggal 1 April selesai, walaupun agak molor karena terganggu oleh cuaca hujan, tapi molornya tidak terlalu lama. tadinya targetnya 1 bulan selesai, tapi molor sampai 5 hari, tepat tanggal 5 May pintu kandang sudah bisa terkunci dengan rapi. Kandang dengan luas +/- 220 m2 itu memakan biaya sekitar Rp. 30jt-an, kalau ditambah dengan instalasi listrik mungkin menghabiskan budget sekitar Rp. 34jt-an.
Terima kasih sekali kepada ibu saya yang setiap hari mengontrol dan mengomandoi para tukang pembuatan kandang tersebut. Juga kepada my beloved wife, dengan pencatatannya yang rapi dari setiap pengeluaran belanja kandang tersebut.
Kini sejak tanggal 13 Mai lalu, kandang tersebut sudah mulai dioperasikan, dengan isi DOC sejumlah 4000 ekor. Mudah-mudahan berjalan dengan lancar dan barokah.
Insya Allah saya bertekad fokus di dunia per-broiler-an ini (juga peternakan), mimpi saya adalah 3 tahun lagi maksimal sudah punya kandang minimal 3 dengan popalasi 10rb ekor, kemudian berlanjut dengan pembuatan Poultry Shop yang lahannya insya Allah sudah disiapkan, yang akan menyediakan segal keperluan para peternak ayam broiler mandiri yang letaknya bersebaran di sekitar Gunung Sindur.
Adapun nama usaha yang akan disematkan untuk usaha ini Insya Allah AMAS Farm, yang merupakan nama panggilan almarhum Bapak saya tercinta yaitu Bapak Sambas. Katanya semasa kecil teman-temannya biasa memanggil dengan panggilan AMAS. Selain itu AMAS ini adalah singkatan dari Ajeg, Mandiri, Adil dan Sejahtera.
Visinya adalah menjadi sebuah perusahaan agrobisnis yang Ajeg (kokoh), Mandiri, dan berlaku Adil baik terhadap karyawan, shareholder, maupun masyarakat sekitar, untuk mewujudkan dan meningkatkan kesejahteraan para stakeholder, shareholder, dan juga masyarakat sekitar. Insya Allah kalau sudah mulai mantap dan lancar cashflownya, nama ini akan segera dibentuk dengan badan hukum. Mungkin C.V dulu kali, karena masih skala kecil.
Oiya...selain broiler, di AMAS Farm juga ada lahan sengon sebanyak 600 batang dan jati kencana sebanyak 100 batang juga pohon pisang dengan berbagai jenis sekitar 100 batang. Semuanya baru ditanam sejak Maret 09, dilahan sekitar 7000 m2. Insya Allah kalau tidak aral, tanaman pisang bisa diambil buahnya sekitar November nanti, sementara sengon 5 tahun yang akan datang (2014), mungkin barengan ama pilpres kali? dan Jati insya Allah 10 tahun lagi (2019), mudah-mudahan panjang umur deh.


Mudah-mudahan saja, usaha ini lancar dan membawa keberkahan bagi kami, amien.





1 comment:

  1. Jadi kesengsem pengen usaha ayam juga nih..kayaknya mantap ni mas..

    ReplyDelete