Wednesday, May 27, 2009

BODOL

Pernah mendengar kata di judul tulisan ini? bagi anda yang menyukai buku-buku motivasi bisnis, entrepreneurship, tentu tidak asing lagi. Ya benar, istilah ini dipopulerkan oleh Mbah Purdie, pemilik jaringan bimbel terbesar Primagama, dan direktur Entrepreneur University Jakarta.
BODOL itu singkatan Berani Optimis dengan Duit Orang Lain, jika ingin memulai bisnis, ide bisnis ada, Sumber Daya ada, tapi berbentur dengan kendala modal, kita harus mempunyai keberanian dan sikap optimis untuk menggunakan menggunakan duit orang lain dalam mewujudkan ide kita.
Jadi bagi anda yang kebetulan punya niat yang kuat untuk memulai bisnis, tapi nggak ada uang, coba aja dengan BODOL ini. Saya saat ini juga menerapkan yang sama untuk kandang broiler perdana saya. Seluruh tabungan saya habis untuk membuat kandang, ketika tiba waktunya untuk memulai produksi, ternyata saldo tabungan nol. Coba menawarkan investasi ke beberapa kolega tapi jawabannya beragam nanti dulu, belum ada uang, uangnya sudah diputer ketempat lain, dll. Coba tanya ke BPRS Assalam di Serpong, ternyata persyaratan administrasinya tidak cukup, karena harus menggunakan sertifikat tanah atau BPKB mobil untuk pinjaman minimal Rp. 20jt. Sementara saya, mobil butut aja nggak punya, tanah maupun rumah pun belum ada yang berupa sertifikat baru AJB.
Tadinya untuk mengisi kandang mau ditunda dulu, sampai modal awal benar-benar terkumpul semua. Eh nggak berapa lama, adik saya sms kurang lebih seperti ini isinya " kang si iqbal nawarin uang 20jt buat modal kandang ayam" ya sudah tanpa ba..bi..bu lagi langsung aja diambil. Alhamdulillah, ternyata Allah memudahkan jalan untuk dapat modal.
Akhirnya setelah uang ditransfer masuk semua, jadi deh isi kandang. Pesan DOC, sekam, pakan, dan beberapa obat/vaksin awal. Tinggal nunggu panennya deh, itung-itung bagi hasil dengan penyuntik modal.







0 comments:

Post a Comment