Thursday, June 11, 2009

Mengkhawatirkan...

Periode starter kandang AMAS performans nya sangat mengkhawatirkan. Betapa tidak, sampai hari ke 28, total kematian sudah mencapai 10% lebih. Setiap hari saya berdoa semoga saja hasil akhirnya masih bisa untung. Soalnya saya memikirkan uang investor yang ditanam disitu. Kalau uang saya sendiri sih nggak terlalu jadi pikiran. Ini setiap hari dan malam yang dipikirkan pasti kondisi kandang dan ayam.

Total ayam pas saat chick in ada 4058 laporan terakhir kematian udah 460 ekor. Saat umur 26 hari, sebagian ayam sudah diangkat oleh para tengkulak, hasilnya rata-rata bobot ayam hidup sekitar 0.77Kg (7.7 ons ). Sekarang sisa ayam di kandang diperkirakan masih sekitar 1900 ekoran. Dari 1900 ekor tersebut saya perhatikan besaran ayam tidak sama, ada yang gede aja dan tidak sedikit yang kerdil, bahkan ada yang masih seperti DOC aja tampilannya, Ayam-ayam kerdil ini kemarin sudah dipisahkan total ada 115 ekor. Sisa ayam yang sekarang masih ada setelah disimulasikan, akan mendapat keuntungan kalau rata-rata bobot ayam 0.8Kg. Ya mudah-mudahan aja pas panen mencapai bobot segitu, biar pertanggung jawaban ke investornya enak. Soalnya ini baru periode starter, lain halnya kalau di periode tengah-tengah. Mosok baru ikutan invest udah rugi aja, gimana kedepannya nanti? takutnya pikiran investor kayak gitu.

Dari komentar tengkulak dan beberapa anak buahnya, katanya kandang ayam saya kurang bagus. Terlalu panas didalam, khususnya kandang bagian barat yang dindingnya tertutup bilah bambu semua. Soalnya kandang saya ada 2 bagian berbentuk L, bagian barat tadinya peruntukan DOC, makanya ditutup bilah bambu semua, sementara bagian timur setengah bambu setengah kawat. Bisa jadi komentar ini ada benarnya, soalnya tingkat kematian ayam terjadi paling besar disebelah barat. Di sebelah barat 300 ekor lebih yang mati sementara disebelah timur 100 ekor.

Makanya kalau ayam sudah panen semua, rencananya selama periode menunggu sampai periode produksi berkutnya, kurang lebih 2 minggu, kandang akan di renovasi khususnya sebelah barat. Bilah bambu bagian bawah akan diganti dengan kawat. Dan bagian atas akan dijarangin. Selain itu jumlah tempat pakan dan minum akan diperbanyak, soalnya tingkat kekerdilan ayam lumayan tinggi. Diperkirakan karena jumlah tempat pakan dan minum kurang memadai, sehingga yang kerdil kurang bisa bersaing untuk mendapatkan makan, akibatnya kerdil terus sampai usia menjelang panen.

Mudah-mudahan dengan diperbaiki kandang, dan manajemen pemeliharaan nanti akan memperbaiki performans hasil panen di periode berikutnya. Amiin.

Begitulah sedikit keluh kesah saya di periode starter ini. Ya namanya juga usaha, pasti ada resikonya. Hitung-hitung proses learning by doing, kan ada pepatah yang mengatakan pengalaman adalah guru yang paling baik. Anggap ini proses pembentukan pondasi untuk bangunan usaha AMAS FARM yang insya Allah bisa jadi lebih besar dari sekarang. Kalau pondasinya tidak kuat, nanti kena angin sedikit bisa roboh.

1 comment:

  1. coba perbaiki teknik brooding, dengan system termos, menggunakan terpal luar dalam, dan broding diletakan di tengah kandang, ujung barat dan ujung timur kandang tidak dipakai saat brooding. Jangan lupa beli termometer agar senantiasa bisa mengecek suhu. Jangan ragu2 untuk membuka tirai dan mematikan pemanas saat broding siang hari jika suhu sudah lebih dari 32 derajat, agar bisa lebih hemat bahan bakar dan agar sirkulasi oksigen lancar. Lalu pada usia 15 hari sampai panen, buka seluruh tirai siang malam, kecuali saat hujan angin. Hati2 pada saat pagi dini hari jam 3 sampai jam 7 basanya pemanas tidak terkontrol bahkan padam, ini bisa menyebabkan uniformiti tidak merata karena ayam kedinginan dan bertumpuk.

    ReplyDelete