Friday, June 26, 2009

Periode 2 baru saja dimulai


Keciak..keciak…keciak…bunyi itu kembali hadir di kandang AMAS. Anak ayam yang lari kesana kemari, banyak juga yang bergerombol di tiap pojokan saling berhimpit-himpitan, suasana seperti ini kembali terilhat di kandang AMAS. Yah periode kedua AMAS Farm baru saja dimulai. DOC masuk tanggal 23 Juni kemarin, dengan jumlah 3000 ekor.

DOC diorder dari Cibadak Indah Sari Farm (CISF), tapi bukan yang Super Jumbo nya, ini level dibawah grade Super Jumbo. Dipasaran sih untuk grade ini dikenal dengan jenis BM, kami nggak tahu kepanjangan dari apa BM itu. Grade DOC sendiri berdasarkan informasi yang kami peroleh dari supplier DOC nya maupun PS langganan kami ada 4, yaitu :

1. Super
2. BM
3. Polos
4. Limbah

Urutan diatas berdasarkan kualitas, tentu saja semakin baik kualitasnya semakin mahal. Untuk DOC yang kami order untuk periode kedua ini grade BM harganya Rp. 3.550,- / ekor. Jadi hitung sendiri berapa biaya untuk beli 3000 ekor. Sementara itu untuk level paling atas kelas Super berdasarkan informasi langsung dari CISF harganya Rp. 3.950,-/ekor.

Tadinya kami mau order yang kelas Polos aja karena harganya relative murah yaitu berkisar Rp. 2.500 – Rp. 2.600 / ekor, hanya saja stocknya tidak ada, paling besar stocknya sebanyak 1300 ekor, sementara kami butuh 3000 ekor. Akhirnya dengan bismillah kami beranikan aja order 3000 ekor untuk kelas BM, yang stocknya berlimpah. Walaupun sampai saat ini masih ada perasaan khawatir, takut-takut pas panen ternyata itung-itungannya rugi karena biaya produksi membengkak dengan pembelian DOC yang lebih mahal, mudah-mudahan tidak terjadi, amien.

Sekarang control suhu benar-benar diperhatikan, kami baru saja membeli thermo hygro untuk memantau suhu agar terjaga stabil. Thermohygro kami beli di Harco Glodok lantai 3, gambarnya seperti dibawah ini.
Di Harco Glodko lantai 3 banyak toko yang memang mengkhususkan diri menjual alat-alat kesehatan dan laboratorium.

Suhu siang hari di kandang paling tinggi ternyata bisa sampai 34C, sementara malam sampai pagi mencapai 28C. Makanya kemarin kami tambahkan 1 drum pembakar lagi untuk menghangatkan kandang dimalam hari, sementara kalau siang tirai-tirai dibuka, untuk mendinginkan kandang.

Selain suhu, ventilasi kandang juga diperbaiki, sepanjang kandang bagian atas selebar 50cm bilah bambunya yang vertical dibuka dan diganti dengan bilah bamboo horizontal. Dengan bentuk seperti ini, udara bias lebih leluasa keluar masuk. Bagian bawah juga kami lebarkan lubang-lubang bilah bambunya.

Ya mudah-mudahan saja dengan ikhtiar kami diatas bisa memperbaiki performance hasil periode kedua ini, amien.

2 comments:

  1. Info aja kang,BM singkatan Bibit muda, yaitu telur mulai produksi sekitar umur 18-25 minggu..kualitasnya kurang
    BM biasanya kematian tinggi diawal..
    kalo boleh menyarankan lebih baik beli DOC super atau normal...cost awal memang lebih tinggi tapi jika diitung di akhir periode akan jauh lebih efisien dibanding doc BM,,
    Kebetulan di Breeding tempat saya bekerja kang,DOC lagi bagus karna puncak produksi,kalo berminat bisa hubungi saya kang..
    pemilihan DOC jangan cuma harganya aja kang,efeknya terhadap pakan,efisiensi waktu dll juga mesti diperhatikan..maaf bila ada salah kata

    ReplyDelete
  2. Saya pemula ini ingin bergabung.. di daerah jateng di mna bsa beli doc yg super makasih

    ReplyDelete